Dana Desa Di Kabupaten Rembang Untuk Pencegahan Corona Sudah Mulai Tahap Pencairan

Ideopedia – Kementerian Desa, Pembangunan Dearah Tertinggal, dan Transmigrasi mengeluarkan surat edaran mengenai penggunaan alokasi Dana Desa untuk mencegah dan mengatasi persebaran Virus Corona. Hanya saja persebaran Dana Desa yang dapat digunakan masing-masing tidak sama, tergantung dengan kebutuhan.

“Untuk setiap desa tidak sama, tergantung kebutuhan atau kasus corona yang ada di masing-masing desa. Ini berdasarkan surat edaran menteri, gubernur, maupun bupati.” Ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang Sulistiyanto.

Sulis sapaan Sulistyo, mengatakan bahwa pihaknya sudah bergerak untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh Camat dan paguyuban kepala desa di Rembang. Hal ini bertujuan agar dana desa dapat secepatnya dapat digunakan untuk penanganan pencegahan wabah Corona di setiap desa.

“Kami sudah bertemu Camat dan paguyuban kepala desa , agar secpatnya melakukan perubahan penjabaran penggunaan Dana Desa,” ucap dia.

Adapun kegiatan yang dapat dilakukan melalui Dana Desa yaitu berupa sosialisasi pencegahan wabah Corona, pengadaan tempat cuci tangan, dan penyemprotan desinfektan secara masal.

“Ketika ada wabah corona ini kami langsung cepat menanggapi agar Dana Desa disesuaikan untuk digunakan pencegahan corona,” tandasnya.

Sulis juga menambahkan bahwa secara keselurugan Dana Desa untuk seluruh desa di Kabupaten Rembang tahun 2020 sebesar sekitar Rp. 256 miliar. Adapun pencairannya melalui tiga tahap. Tahap pertama cair sebesar 40 persen, kemudian 40 persen dan tahap ketiga sebesar 20 persen.

“Selambat-lambatnya bulan Juni untuk pencairan tahap pertama, sebetulnya sekarang ini juga sudah bisa mengajukan tahap ke dua,” imbuhnya.

Sejauh ini telah ada sekitar 200 desa dari 287 desa yang ada di Kabupaten Rembang yang telah melakukan pencairan tahap pertama. Sedangkan 85 desa yang lain masih dalam tahap proses pengajuan pencairan.

“Kami berjanji akan segera menuntaskan proses pencairan pada April 2020 ini,” tutup Sulis.

Bagikan :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *