KPU Coret Ribuan Pemilih TMS dari DPT di Rembang

ideopedia.id – Kemarin (28/11) Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Rembang telah mencoret ribuan daftar pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebanyak 2.655 nama ditemukan saat pencermatan menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap Perbaikan Kedua (DPT HP – 2).

Zainal Arifin selaku Komisioner KPU Kabupaten Rembang memberikan penjelasan terkait KPU Coret Ribuan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Rembang bahwa KPU hingga saat ini masih terus melakukan pencermatan pada DPT.

Selain itu, KPU menunggu usulan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk kembali mendata daftar pemilih TMS mejadi DPT sebelum ditetapkan oleh Bawaslu karena kemungkinan pemilih TMS bisa kembali menjadi DPT sewaktu-waktu.

Zainal Arifin mengungkapkan pula bahwa dalam melakukan tahapan pencermatan daftar pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), KPU Kabupaten Rembang mengundang beberapa lembaga yang berkaitan seperti Bawaslu, Dukcapil, dan Parpol dengan tujuan transparan dan terbuka. Selain itu pencermatan ini bisa dapat masukan pula dari Bawaslu, Dukcapil, dan Parpol.

DPTHP – 2 akan segera ditetapkan secara nasional pada tanggal 18 Desember 2018 yang akan datang. Karena DPTHP – 2 sempat ditunda secara nasional maka dari itu KPU Kabupaten Rembang melakukan pencermatan terlebih dahulu dengan kemungkinan ada pemulihan data untuk DPT.

Daftar nama pemilih yang tercatat dalam DPTHP sebanyak 488.343 pemilih. Jumlah ini lebih banyak meskipun ada pencoretan, jika dibanding dengan DPTHP pertama yang hanya sekitar 481.688 pemilih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *