Malinau Kalimantan Utara, Menjadi Penyangga Pangan Ibu Kota Baru

Ideopedia – Kalimantan Utara sambut baik keberadaan Ibu Kota Negara yang baru, untuk kesiapannya tidak lagi diragukan. Salah satunya Kabupaten Malinau.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara merasa sangat percaya diri, daerah Kalimantan Utara bisa menjadi penyangga Ibu Kota Negara Indonesia yang lokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

Perlu diketahui, Kalimantan Utara menjadi penyangga dari sisi pertanian, memenuhi pangan bagi wilayah Ibu Kota Negara. 

Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyiapkan tiga daerah untuk penyuplai kebutuhan pangan ke ibu kota baru atau Ibu Kota Negara Indonesi di Kalimantan Timur.

Tiga daerah tersebut adalah, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Bulungan. Nantinya, Kabupaten Bulungan dan Nunukan akan menjadi penyedia padi dan cabai.

Wahyuni Nuzband selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan utara mengatakan, untuk Kabupaten Malinau menjadi penyedia padi dan jagung. “Kami siapkan lahan pangan seluas 658.355 hektare tersebar di tiga daerah tersebut,” ungkapnya Selasa (28/4/2020).

Jumlah seluruh lahan itu tersedia di Nunukan 325.123 hektare, Bulungan 164.512 hektare dan 168.720 hektare ada di Malinau.

Wahyuni Nuzband juga menegaskan bahwa “Tahun ini kami juga dapat bantuan dana dari Kementerian Pertanian untuk kelompok tani di tiga daerah tersebut, dana tersebut masing-masing digunakan pengembangan bawang merah seluas 40 hektare, aneka cabai seluas 160 hektare, padi sawah seluas 5.000 hektare, dan padi rawa seluas 5.000 hektare.”

“Selain itu ada dukungan dana APBD Provinsi untuk pengembangan 1.200 hektare untuk padi sawah,” ujar Wahyuni.

Pada tahun 2016 produksi padi di Kalimantan Utara menunjukan geliat membaik. Di tahun yang sama jumlah produksi mencapai 134.071 ton per tahun. Maka dari itu, tahun ini diprediksi mencapai 148.357 ton. Dan direncanakan untuk 2021 akan naik menjadi 152.088 ton.

Sehingga pada tahun 2030, Provinsi Kalimantan Utara mampu memproduksi padi sebesar 177.012 ton. Dengan demikian, Kalimantan Utara akan jadi lumbung pangan bagi ibu kota negara yang rencananya dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Adapun rencana pengembangan meliputi pengamanan lahan sawah di daerah irigasi, peningkatan mutu intensifikasi, serta optimalisasi dan perluasan areal pertanian.

Sumber: Kompas.com

Bagikan :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *